Minggu, 29 November 2009

Vitamin D dan Kalsium untuk Mencegah Patah Tulang Panggul

Studi yang dilakukan oleh Dr. Bo Abrahamsen, PhD dari Universitas Southern, Denmark, menunjukkan bahwa patah tulang pangkal paha (Hip fracture) dapat dicegah dengan pemberian vitamin D dan kalsium. Hal ini mengemuka sebagaimana yang dipaparkan olehnya pada acara 31st Annual Meeting American Society for Bone and Mineral Research (ASBMR) .

Patah tulang pangkal paha mempunyai angka kematian yang cukup besar pada sekitar 20% wanita dan 30% pada pria yang menderita setelah satu tahun pertama terkena patah tulang ini seperti yang dijelaskan oleh Dr. Abrahamsen.

Studi yang melibatkan total sekitar 28,710 subyek dengan umur rata-rata 77,7 tahun. Tim dari peneliti Denmark menganalisis sekitar 3.283 kasus kematian selama 36 bulan Hasil studi ini juga menunjukkan bukti lebih jauh bahwa terdapat manfaat penggunaan Vitamin D dan Kalsium dalam menurunkan resiko kematian. Ketika diberikan Vitamin D dan kalsium akan menurunkan risiko kematian (hazard ratio/HR adalah 0,88 [0,81–0,97]; dengan P <0,01), dimana pada penggunaan vitamin D saja yang tidak secara signifikan mengurangi angka kematian yaitu HR, 0,95 [0,85–1,05] dengan nilai P = 0,28).

Berdasarkan hasil studi klinis oleh Dr. Abrahamsen , maka penggunaan Vitamin D dan Kalsium dapat menurunkan angka kematian yang dikaitkan dengan patah tulang pangkal paha (hip fracture).

Sumber :
Iwa
http://www.kalbe.co.id/health-news/20380/vitamin-d-dan-kalsium-untuk-mencegah-patah-tulang-panggul.html
24 Noveber 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar